Senin, 11 September 2017

Pendidikan Ideal (#30hariberbagicerita)




Menurut saya, pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang bisa di dapatkan dari mana saja, maksudnya tidak terbatasi oleh ruang dan waktu, formal maupun informal, yang terpenting adalah kita mendapatkan sesuatu yang baru dan menghantarkan kita menjadi manusia yang baik nan bermanfaat. intinya, pendidikan ideal  adalah pendidikan yang membuat manusia menjadi manusia.


Berbicara tentang pendidikan yang ideal, saya akan menuliskan tentang  makna pendidikan ideal bagi seorang anak. Kenapa anak? Karena anak adalah generasi penerus bagi kita semua, anak adalah ladang pahala bagi kita, bahkan doa anak yang sholeh/ah akan membantu kita jika kita sudah tidak berada di dunia. Maka, mendidik anak dengan pendidikan yang ideal adalah pengetahuan yang di butuhkan, meskipun kita belum menjadi orang tua.

Pendidikan ideal anak dimulai ketika orang tua menikah. Yakni bagaimana memilih pasangan yang benar. Karena apa? Karena ibu adalah madrasah utama dan awal bagi seorang anak, sedangkan ayah, mau tak mau akan menjadi ‘model’ utama sang anak. Maka bisa di bayangkan saja jika kita tidak memilih pasangan yang benar, maka akan berdampak kepada anak kita.

Kemudian, mengenai sekolah. Saya sebenarnya tidak terlalu menyukai sistem pendidikan formal yang ada di negara ini. Semua mata pelajaran yang beragam harus kita kuasai dan jika tidak bisa maka di cap sebagi anak yang tidak pintar atau ‘bodoh’. Padahal, setiap anak memiliki talenta yang berbeda –beda. Haruskan mereka disama ratakan?

Saya sebenarnya sudah menulis banyak tentang pendidikan ideal yang bisa di lihat disini. Semoga berguna dan bermanfaat.




*sengaja tidak saya tulis panjang lebar karna sudah saya jabarkan pada link blog di atas, dan maaf untuk keterlambatan update.



©rarasyarifah
11-09-2017






2 komentar:

  1. Setuju banget! Pendidikan gak melulu harus dari institusi formal juga kan... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak :)) Pendidikan bisa di dapatkan dimana saja

      Hapus

late's fira's gram