Minggu, 30 September 2018

[Review] Bts - Save Me And I'm Fine




Sejujurnya, saya sudah lama mengenal bts, waktu itu saat sma, teman saya sangat menyukai boyband korea ini. Tiap hari ada kesempatan membuka leptop, maka yang di putar adalah lagu milik bts. Seperti dope, boy in luv dsb.

Saya yang tidak suka dengan tipe tipe lagu full of rap dan keras seperti itu heran, bagaimana bisa dia suka. Lalu, suatu ketika saat tidak sengaja mendengarkan lagu Just One Day. Dan saat mengetahui makna lagu, saya langsung jatuh cinta. Apalagi di tambah dengan lagu i need you dan run.

Tentu disini saya bukan fans dari bts. Saya terlalu tua rasanya untuk ikut fandom atau fanwar ala anak remaja. Bahkan jika ditanya bias, saya tidak tau. Saya hanya melihat bts menjadi satu kesatuan. Hanya saja saya full of respect dengan mereka. Idol yang bukan hanya idol. Tapi menggiring penggemarnya untuk menemukan diri sendiri, untuk mencintai diri mereka sendiri dan tidak terlalu mengedepankan bts. Membuat penggemarnya terinspirasi dengan dirinya sendiri. That's all.

Dan disini, saya akan sedikit me-review tentang makna yang saya tangkap di balik lagu save me dan i'm fine yang ternyata berhubungan. Sebelumnya, saya sudah pernah mereview lagu dari bangtan yang judulnya Whalien52. Kalian bisa klik disini.

Pertama mendengar bahwa bts akan comeback, saya sudah menebak bahwa akan ada rekor rekor baru yang terpecahkan oleh mereka, mengingat mereka adalah hot artist di korea, bahkan internasional. Saya juga tidak terlalu menunggu karna kesibukan yang menyita waktu. Tapi, setelah mv diliris, saya ikut melihat dan kaget juga melihat posisi video tersebut ada di jajaran trending topic di indonesia. Saya tidak terlalu fokus pada lagu idol. Tapi kenapa dua lagu, I'm fine dan Answer : Love My Self. (kapan kapan saya review)

Lagu ini menceritakan bahwa bangtan sudah baik-baik saja setelah sebelumnya dalam lagu save me, mereka minta pertolongan. Dalam lirik "i need your love before i fall, fall" di balas dalam lagu i'm fine " aku baik-baik saja, aku bisa melewati ini tanpamu, Jangan khawatir aku baik-baik saja"

(baiklah, untuk mempermudah, bagaimana jika kita menganalogikan bts = kita)

Di dalam 'save me' kita di kisahkan sebagai seseorang yang depresi, penuh dengan masalah dan putus asa. Akhirnya kita membutuhkan orang lain untuk menemani kita. Kita membutuhkan orang lain untuk mengerti apa yang kita rasakan, kita butuh cinta orang lain untuk merasakan bahwa kita sedang di cintai dan tidak ingin di tinggalkan. Intinya : Selamatkan aku! Dan ada pula lirik tidak ingin sendirian "don't wanna be lonely, just wanna be yours"

Tapi, di dalam lagu "i'm fine" kita sudah banyak belajar. Bahwa tidak perlu banyak 'orang lain' untuk menyelamatkan kita, karna pada hakikatnya, yang bisa menyelamatkan diri kita hanyalah kita sendiri. Percuma kita memiliki banyak teman, sahabat dan orang yang mencintai kita, tapi kita sendiri merasa tidak di cintai dan kesepian. Percuma jika orang lain terus memotivasi kita, tapi kita selalu merasa putus asa dan menyerah pada diri sendiri. Jadi, tidak apa apa sendiri asal kita adalah fans nomor satu untuk diri sendiri. Kita akan baik baik saja sekalipun ada masalah, karena kita percaya kepada diri sendiri. I'm just fine!

Dan dari perjalanan jauh Save me menuju i'm fine itu tidaklah mudah. Ada beberapa peristiwa yang akan mengusik kita, tapi dengan peristiwa itu kita bisa mendapatkan pemahaman pemahaman baik yang tidak kita dapatkan sebelum menemui masalah. Maka bersyukurlah, karena ketika kita sudah mencapai titik 'im fine' kita tidak akan kecewa jika ada yang melepaskan tangan dari kita.

Dan, that's it!

Terima kasih bangtan sudah menjadi 'jalan' untuk mendapatkan kepahaman baru. Dan rencananya saya bakal nulis review lagi sih. Tapi gatau kapan. Doakan saja. Btw kalo kalian ada rekomendasi lagu atau film pendek inspiring bisa komen atau dm di ig : @fira.syarifahs ya, (selain bangtan(bts) dan stray kids ya. Soalnya mereka berdua tuh lagunya full of inspiring gt, no cinta2-an jadi ga bingung akunya)

Terima kasih!

1 komentar:

late's fira's gram