Kamis, 30 Mei 2019

Balasan Terbaik




Sekarang tuh aku tau ya, kenapa kok ada pepatah bilang "pembalasan terbaik bagi orang yang berbuat jahat kepadamu adalah berbuat baik kepadanya"


Dulu tuh aku kontra banget, ya gimana ya, coba aja dipikir kok enak banget sih dia. Masa udah jahatin aku trus masih dapat perlakuan yang baik dari aku. Sorry morry ya, aku sih big no. Males. Ya kalau berbuat jahat, ya kudu bales jahat juga dong. Biar dia ngerasain apa yang kita rasain, biar setimpal! Huh!

TAPI...

Dewasa ini, pas di Mesir, aku banyak ikut Organisasi kan, ya ngga banyak-banyak banget sih, cuma ya.. kebetulan sama Allah dikasih amanah jabatan yang 'ada' gitu disana. Nah, aku tu anaknya mood-mood an. Kadangkala semangat banget, kadangkala pas introvertnya kumat tuh sama sekali ngga buka Whatsapp. Duh, maafkan hamba-Mu, ya Rabb.

Qodarullah, kemaren data di Hape tuh lagi banyak yang ilang. Udah visual hapeku tuh udah memprihatinkan, file hilang-hilang pula, jadi kesel kan, padahal ada file yang dibutuhin buat project, yang kudu cepet. Jugaa.. karena hari ini itu ujian akhir mustawa, akhirnya aku putuskan buat fokus sebentar ke Ujian Akhir ini dulu.

Aku abaikan sebentar amanahku.

Tapi kan ngga enak ya, Akhirnya aku chat Iqbal nih, "Assalamu'alaikum.... bla bla bla..... (aku jelasin kan panjang lebar)"

Trus beliau jawab apa coba?

"Oh yaudah gak papa, ini ana kasi filenya lagi kalo bisa hari ini ya, di butuhkan cepet soalnya"

Aku jawab aja kan ya, "ya habis deel ya, soalnya lagi ujian ini"

Trus beliau jawab lagi : "Iya gak papa (pake emotikon senyum) semangat ya ujiannya"

DAN, AKU NGERASA BERSALAH BANGET EH.

Banget, banget.

Beliau tuh bisa aja marah-marah loh ke aku, soalnya emang tenggat waktunya udah dua hari berlalu dari yang aku bilang, tapi tuh dia enggak marah. Ngga ngomel juga. Tapi kok, kenapa rasa bersalah dan menyesalku tuh berlipat-lipat ya. Kayak ketika disuruh milih, mending aku di marah-marahin aja dari pada di baikin.

Dan aku seketika ingat kutipan di atas, iya ya, emang bener, pembalasan terbaik kepada keburukan bukan ketika kita juga melakukan ke burukan pula, tapi dengan kebaikan. Karena pengaruhnya itu bener-bener jleb loh.

Gak cuma ke otak, tapi juga ke hati. Menimbulkan rasa jera tau. Ada perasaan takut mau ngelakuin lagi, soalnya udah dibalas dengan kebaikan, pemakluman. Jadi kayak enggan membuat kecewa gitu. Huhuhu.

Pelajaran terbaik memang kadang dimulai dari kesadaran diri ya. Dan berterima kasihlah kepada mereka yang mampu menyadarkan dirimu tanpa melukai dirimu.

Terima Kasih Pak ketu! 
Juga patner (yang mungkin aku udah di 'tendang' dari gelar patner) Anzali


Mesir, 30 mei 2019

3 komentar:

late's fira's gram